[Review] Edu Hostel, Penginapan Murah Fasilitas Wah

Juli 09, 2020



Siapa yang tidak suka Jogja? Rasa-rasanya Jogja menjadi kota favorit para pelancong untuk bertamasya. Tak lengkap rasanya kalo ke Jogja tidak sampai menginap. Untuk mereka yang punya budget pas-pasan, mungkin akan menyerbu penginapan murah. Sayangnya, kadang kita tidak bisa berharap banyak dari penginapan yang harganya tak seberapa.

Kali ini saya mau membeberkan pengalaman saya selama menginap di Edu Hostel, Jogjakarta. Kurang lebih, saya sudah 3 kali menginap di Edu Hostel ini. Letak Edu Hostel ini ada di Jalan Letjen Suprapto No. 17, Ngampilan, Jogjakarta. Masih di daerah perkotaan, sekitar 1,8 kilometer lebih dari Malioboro (pusat turis). Dekat juga dengan pusat bakpia di Jl. Karel Sasuit Tubun. Edu Hostel berada di jalan utama sehingga mudah untuk ditemukan. Untungnya, agak dekat dengan halte Transjogja. Berikut adalah rute menuju Edu Hostel menggunakan Transjogja:
  •   Dari terminal bus Giwangan: naik Transjogja koridor 09 atau 3B dan berhenti di Terminal Ngabean. Selanjutnya berjalan sekitar 450 meter atau 6 menit saja dari Terminal Ngabean untuk sampai ke Edu Hostel.
  • Dari Stasiun Tugu Jogjakarta: berjalan sekitar 70 meter menuju Halte Jlagran untuk naik Transjogja koridor 3A dan berhenti di Terminal Ngabean. Selanjutnya berjalan dari Terminal Ngabean menuju Edu Hostel hanya 450 meter atau 6 menit.
  •   Dari Stasiun Lempuyangan: berjalan sekitar 500 meter ke arah kanan dan belok kanan menuju Halte Park Gamping untuk naik Transjogja koridor 10 dan berhenti di Halte TJ Kha Dahlan 1. Selanjutnya berjalan sekitar 600 meter atau 7 menit.
  • Dari Bandara Adisucipto: Di Halte TJ Bandara Adisucipto, naik Transjogja koridor 1B dan berhenti di TPB Bhayangkara. Selanjutnya berjalan sekitar 850 meter atau 10 menit menuju Edu Hostel.
Menuju ke pintu masuk, jalannya menanjak. Ada tangga untuk menapaknya. Tersedia tempat parkir yang lumayan untuk motor dan mobil di area basement. Ketika masuk ke lobi, kita akan melihat spot tunggu berupa tempat duduk yang empuk. Kemudian, kita akan disambut ramah oleh resepsionis di meja registrasi. Di depan meja registrasi terdapat lift dan tangga. Masih di area lobi, ada toilet umum, musala dan aula pertemuan. Uniknya lagi, ada ruang santai di area lobi ini yang terdapat tepat di lantai dua lobi. Di ruang santai itu instagramable sekali karena ada bean bag, permainan meja sepak bola, serta buku-buku yang bisa kita baca. 



Dokumentasi pribadi


Dokumentasi Pribadi

Aula (dari eduhostels.com)





Ruang santai (dari eduhostels.com)

Check in dimulai dari pukul 15.00. Harga sewa per malam yaitu Rp80.000, bisa lebih murah jika memesan online dari dari Agoda atau Booking. Setiap booking dikenai deposit sebesar (kalau tidak salah) Rp100.000 yang nanti bisa dikembalikan saat check out. Ini adalah harga per orang per kasur, satu kamar berisi 6 orang yakni 3 kasur susun dalam sekamar.  Jadi setiap orang mendapatkan satu kasur dan selimut. Satu kamarnya diisi dengan sesama gender. Di dalam kamar tidur juga terdapat AC, jadi tidak perlu khawatir kepanasan.

Kamar tidur (dari eduhostels.com)




Di dalam kamar, terdapat kamar mandi dan toilet terpisah. Satu toilet dan di ruang sebelahnya ada wastafel serta dua shower. Di tiap ruang shower, ada sabun dan shampo. Sayangnya untuk toiletries hanya mendapatkan sabun, shampo dan handuk, tidak ada sikat gigi. Jadi, sebaiknya membawa sikat dan pasta gigi pribadi.
Shower dan toilet (dari eduhostels.com)


Kita juga mendapatkan fasilitas loker tiap orang, tapi untuk gemboknya bisa beli/sewa di resepsionis. Bisa juga membawa gembok sendiri, ukurannya yang kecil. Sebenarnya tiap orang mendapatkan fasilitas colokan listrik. Sayangnya, colokan terletak jauh dari kasur. Colokannya ada di dalam loker, jadi butuh membawa kabel olor yang panjangnya cukup untuk sampai ke kasur. Mungkin sekitar setengah meter kira-kira. Di penginapan ini ada kok wifi, tapi cuma di area lobi. Di kamar, jangan harap ada wifi. Alasannya sih, supaya bisa bersosialisasi dengan pengunjung lain di kamar hostel. Kalaupun butuh wifi, bisa sekalian bersantai di lobi lantai dua.

Saat check in, kita akan mendapat 2 kertas dan 1 kartu untuk akses kunci kamar. Kertas pertama untuk mengambil deposit saat check out nanti, dan kertas satunya untuk kupon sarapan. Ya, untuk penginapan seharga di bawah seratus ribu kita bisa mendapatkan sarapan makanan berat. Menunya berbeda-beda setiap harinya. Tentunya makanan pokoknya adalah nasi. Bebas refill untuk kopi maupun teh. Ruang makan terletak di lantai teratas. Di lantai teratas ini pula terdapat kolam. Hanya saja, bukan kolam renang, tetapi untuk mecelupkan kaki saja. Istilah yang dipakai oleh Edu Hostel adalah dipping pool. Selain itu, di lantai teratas juga ada rooftop yang membuat kita bisa melihat pemandangan kota Jogja.

Sarapan nasi kuning (Dok. Pribadi)

Setiap hari ganti menu (Dok. Pribadi)


Jadi, kelebihan dan kekurangan Edu Hostel yaitu,
Kelebihan:
(+) Lokasi di perkotaan dan dekat dengan halte Transjogja
(+) Harga relatif murah (Rp80.000)
(+) Ada toiletries (sabun, sampo, handuk)
(+) Terdapat fasilitas tambahan yang memadai (Lift, ruang santai, rooftop, parkiran, loker pribadi, aula,  musala)
(+) Termasuk sarapan
(+) Ada wifi
(+) Toilet dan shower dalam kamar

Kekurangan:
(-) Wifi hanya tersedia di lobi
(-) Colokan listrik jauh dari kasur
(-) Loker tidak termasuk gemboknya
(-) Tidak mendapatakan sikat dan pasta gigi
(-) Jam check in 15.00, dan check out jam 12.00
(-) Rooftop tidak bisa diakses saat malam


Begitulah kira-kira ulasan saya mengenai Edu Hostel. Cukup menarik bukan? Hanya merogoh Rp80.000, kita bisa mendapatkan penginapan di dekat pusat kota Jogja dengan fasilitas yang cukup lengkap. Penginapan ini bisa jadi pilihanmu saat nanti mengunjungi Jogja.








You Might Also Like

10 komentar

  1. Aku tertarik juga nih buat nginep di sini. Apalagi katanya rooftop nya cakep. Dan murah.
    Di Edu juga bikin walking tour keliling kauman. Menarik. Cuma nggak tau masih ada apa enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rooftopnya cakep, tapi kalo sayangnya kalo malem ditutup. Wah aku gak tahu kalo ada walking tournya, tapi kalo ada bakal menarik banget sih

      Hapus
  2. Aku tau hostel ini Krn dulu temen prnh stay di sana :). Rate-nya ga berubah yaaa, perasaan pas temenku nginep dulu, bbrp THN lalu, rate-nya jg di bawah 100rb. Saluuuut sih hrg msh ga jauh beda ato mungkin malah masih sama. Kapan2 lah kalo ntr ke Jogja rame2 Ama temen, aku bisa pilih stay di sini.kalo cm berdua Ama suami ato sendiri, aku LBH suka private room soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak terakhir ke sana masih 80 ribu :)
      Yaa boleh dicoba kalo rame-rame sama temen seru jugaa di hostel ini :D dulu aku juga bareng temen kuliah nginep di sini

      Hapus
  3. Bukan cuma makanan, penginapan juga murah ya di Yogya, cuma butuh 80k untuk bisa tidur ditempat sebagus ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa tentu saja, Jogja memang ramah untuk kantong traveler

      Hapus
  4. saya sering nginep di sini
    suka banget sama KMnya bersih
    sama dapat sarapan yang bikin kenyang
    kolam renangnya lucu
    sering kebarengan sama anak anak sd yang lagi liburan wkwk

    asyik juga rooftopnya buat liat jogja
    sayang di dalam kamar engga ada wifinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa toiletnya bersih, jadi nyaman. Sarapannya juga pake nasi, bukan maen heheh. Pernah juga liat anak-anak renang di kolam itu, ya gapapa sih kan anak-anak 😁

      Hapus

Silakan berkomentar, terima kasih sudah menyampaikan dengan sopan :)

My Instagram

Instagram